Jakarta banyak cara, banyak warna…1

abstraknya diterima, mau ikut presentasi g?

begitu kira – kira sms yang kuterima dari kawanku yang beberapa waktu sebelumnya mengajak untuk membuat sebuah makalah. ikut presentasi berarti aku ke Tangerang, dan bisa “mampir” ke Jakarta, maka langsung aku iyakan ajakan kawanku itu. namanya Andri. kakak angkatanku di perkuliahan, seorang yang dikenal sebagai sosok yang super aktif, dan cerdas.

begitulah, akhirnya pada tanggal 1 april kemarin kami beranjak dari kota pelajar menuju ibukota. cukup dengan tujuh puluh ribu rupiah dan kami sudah mendapatkan dua tiket kereta ekonomi tanpa tempat duduk. ingat, TANPA TEMPAT DUDUK! saat membaca itu kami masih tidak percaya, kami masih ingin mempercayai harapan kami untuk mendapat tempat duduk karena biasanya, kata Andri, masih akan ada tempat duduk.

sayangnya, tanpa tempat duduk kali itu berarti BENAR – BENAR TANPA TEMPAT DUDUK! kebayang nggak dari jogja ke jakarta naek kereta ekonomi dan berdiri. iya, BERDIRI! (kalian g salah baca kok :p)

kereta datang sekitar pukul 6, dan tak berhenti lama langsung beranjak meninggalkan stasiun Lempuyangan. banyak penumpang yang berdiri di sambungan – sambungan gerbong, namun kami memilih untuk berdiri di dalam gerbong, meski juga tidak jauh dari sambungan gerbong 😀

semakin lama, semakin malam, semakin dingin, semakin sepi dan semakin banyak penumpang yang lelah lalu menggelar koran di lantai – lantai gerbong. sementara para penjaja tiada lelah menjajakan jualannya. mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman, hingga mainan anak – anak. toserba berjalan, begitu istilah yang dipilih Andri untuk menggambarkan para penjaja itu.

tidakkah kami lelah? Hey, RETORIS!. siapa yang tidak lelah berdiri di gerbong kereta ekonomi sepanjang jogja – jakarta dan selalu di”gusur” toserba berjalan. aseli, capeknya setengah mati. betis berdenyut – denyut tanpa ampun. pundak sudah sampai mati rasa menggendong tas. mata sudah berat (beruntung dulu waktu sekolah secara tidak langsung diajarin gimana tidur sambil berdiri :p). Puji Tuhan, beberapa kali akhirnya mendapat kesempatan untuk duduk saat ada penumpang yang mendapat tempat duduk pergi ke kamar kecil.

ah, sudah – sudah, itu sekilas dari yang kurasakan. Pertanyaan pun datang silih berganti sembari mengamati orang – orang dalam gerbong. Mulai dari why so many people wanna go to Jakarta, kenapa banyak orang tega tidur di lantai – lantai gerbong yang kotor hingga di kolong – kolong tempat duduk, sampai, kenapa toserba berjalan tidak menggunakan alas kaki. Dan semua pertanyaan itu akhirnya kujawab sendiri…hahahahaha…..

begini kira – kira jawabannya, orang – orang banyak yang ingin ke Jakarta karena Jakarta adalah ibukota Negara, sehingga ada semacam rasa bangga ketika sudah menginjakkan kaki ke bumi Jakarta itu, entah untuk mencari – cari pekerjaan, menengok sanak keluarga, dll, dsb. Lalu mengapa toserba berjalan (bahkan petugas kereta api) tidak menggunakan alas kaki? Karena jika menggunakan alas kaki akan sangat sulit berjalan diantara para penumpang yang tidur di lantai – lantai gerbong (wedi nyampluk,ketoke), tapi untuk pertanyaan mengapa banyak orang tega tidur di lantai – lantai gerbong yang kotor, aku masih tak tahu.

Kata seorang sahabat, rugi aku tidak mencoba tidur di lantai gerbong kereta ekonomi. Tidak menjiwai, katanya. Ah, tapi aku masih belum tega untuk tidur di lantai yang kotor begitu. Mungkin suatu saat jika rencana backpacking terealisasi, aku mungkin akan mencoba (mungkin ya..xixixixixi…)

Well, ini pertama kalinya aku ke Jakarta menggunakan kereta ekonomi berdiri pula. Selepas stasiun lokasi, aku baru bisa mendapat tempat duduk. Lumayan, bisa mengistirahatkan kaki sampai stasiun tanah abang.

Kemana dan bagaimana aku selepas dari kereta di stasiun tanah abang?

Nantikan cerita selanjutnya….hehehehe……

Advertisements

About duniasibawel

an extraordinary girl who trying to be the best ones, at least for herself...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: